Labels: , ,

Versi dan jenis android


Semua pasti sudah tahu tentang android. Mulai dari tablet hingga smartphone masa kini telah menggunakan sistem operasi Android. Android adalah sistem operasi berbasis linux, dan bertipe open source yang diaplikasikan kedalam handphone, dan tablet. Apa itu open source? open source adalah platform terbuka, bagi para developer, sehingga mereka dapat mengembangkan berbagai macam aplikasi yang dapat digunakan melalui sistem operasi android. Selain itu kita pasti tau ada android ginggerbread, cupcake, hingga jelly bean. Nah apa saja perbedaan dari versi - versi android ini. Berikut ini saya berikan sedikit penjelasan.

Android versi 1.1
Android versi ini dirilis oleh google pada pertengahan maret 2009. Android versi ini dilengkapi dengan jam, alarm, google mail, voice search atau pencarian suara, dan pemberitahuan email (notifikasi ketika ada email masuk).

Android versi 1.5/Android cupcake.
Android versi ini dirilis pada pertengahan mei 2009. Terdapat fitur baru pada android cupcake, yaitu kita dapat merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengupload file gambar ke picasa, mengupload video ke youtube langsung melalui handphone, dukungan bluetooth dan animasi pada layar.

Android versi 1.6/Android donut.
Untuk versi ini telah dilengkapi dengan indikator baterai dan kontrol aplet VPN. Fitur lainnya adalah interaktif galeri, camcorder, kamera dan, CDMA/EVDO, VPN, kemampuan dial kontak, dan teknologi text to change speech (text menjadi suara).

Android versi 2.0/2.1/Android enclair.
Pada android versi 2.0, perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan perangkat keras atau hardware, peningkatan google map 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan didukung HTML5, daftar kontak baru, didukung flash untuk kamera 3,2 MP, digital zoom, dan bluetooth 2.1.Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs Internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.

Android versi 2.2/Android froyo : Frozen yoghurt. 
Untuk android froyo, terdapat peningkatan kinerja hingga 2 sampai 5x lebih cepat daripada versi android sebelumnya, integrasi java script v8 engine yang dipakai google chrome, SD card, wi-fi hotspot portable, dan auto update pada google play store.

Android 2.3/Android gingerbread.
Pada versi gingerbread terdapat peningkatan kinerja dari sisi permainan (game), adanya fungsi copy paste text, desain ulang pada User interface, format video VP8 dan webM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dan dukungan dual kamera (kamera depan belakang).

Android versi 3.0/3.1/Android Honeycomb 
Untuk android honeycomb sebenaranya dirancang untuk tablet, karena mendukung layar yang lebih besar. Untuk desain juga telah berbeda, karena memang di desain untuk tablet. Untuk honeycomb telah mendukung multi processor seperti dual core (pada galaxy tab 2), dan perangkat keras untuk akselerasi grafis.

Android versi 4.0/ICS :Ice Cream Sandwich
ICS merupakan penyempurnaan dari android honeycomb, dalam ICS telah ditambahkan beberapa fitur, antara lain, membuka kunci dengan pengenalan wajah, perangkat tambahan fotografi, sync jejaring sosial, perangkat tambahan fotografi, mail finder secara offline, dan sharing via NFC.

Android versi 4.1/Android Jellybean
Jelly bean diluncurkan pada acara Google I/O lalu dan membawa sejumlah keunggulan serta fitur baru. Penambahan baru antara lain peningkatan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat. Tak ketinggalan Google Now juga menjadi bagian yang diperbarui. Google Now memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula. Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga. OS Android Jelly Bean 4.1 muncul pertama kali dalam produk tablet Asus, yakni Google Nexus 7.

Android versi 4.4/Android Kitkat
Android kitkat adalah versi android setelah jelly bean. Dengan beberapa penambahan fitur yang lebih baik dari fitur android sebelumnya. Fitur tambahan yang ada pada android kitkat adalah, versi ini telah mendukung layar dengan resolusi 4K, adanya improvisasi penghematan baterai (power saving mode), dan kestabilan sistem saat perangkat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Yang unik dari android kitkat adalah prosesor yang telah menggunakan tri core, dan berbentuk mirip dengan coklat kitkat.

Android versi 5.0/ Android Lollipop
Android lollipop adalah update android terbaru. Dikabarkan android versi ini lebih stabil dari versi sebelumnya. Perubahan lain adalah perubahan pada user interface, dan perbaikan notifikasi. Selain itu juga terdapat perubahan internal pada ART (Android runtime) yang bertujuan meningkatkan kinerja aplikasi dan daya tahan baterai.

Kata kunci : android jelly bean, jelly bean android, android ice cream sandwich, ice cream sandwich android, android froyo, froyo android, android gingerbread, gingerbread android, android honeycomb, honeycomb android, perbedaan versi android, kelebihan versi tiap android, urutan versi android, androit awal hingga android terbaru.

0 comments:

Post a Comment